Jembatan Panjang di Indonesia

Jembatan Panjang di Indonesia

1. Jembatan Suramadu 
Jembatan Suramadu tercatat sebagai jembatan terpanjang yang menjadi kebanggaan Indonesia. Dengan panjang 5,4 kilometer, Jembatan Suramadu membentang di atas Selat Madura untuk menghubungkan wilayah Surabaya dan Madura. Dari situlah nama Suramadu berasal, Sura dari kata Surabaya dan Madu dari kata Madura. Pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia ini memakan waktu sekitar 6 tahun dan menghabiskan biaya kurang lebih Rp4,5 triliun. Dibuka untuk umum sejak 10 Juni 2009, Jembatan Suramadu kini menjadi salah satu objek wisata di Surabaya dan Madura.

2. Jembatan Pasupati
Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati didirikan untuk mengatasi tingkat kemacetan di kota Bandung. Nama Pasupati berasal dari nama kedua jalan yang dihubungkan oleh jalan layang yaitu Jalan Terusan Pasteur dan Jalan Suropati. Membentang sepanjang 2,8 kilometer dengan lebar antara 30-60 meter, Jalan Layang Pasupati mempermudah akses lalu lintas bagi wisatawan kota Bandung, khususnya yang berasal dari kawasan Jabodetabek.

3. Jembatan Siak
Dari namanya saja, kamu mungkin sudah bisa mengetahui di mana letak Jembatan Siak. Benar, jembatan sepanjang 1.196 meter ini terletak di Kabupaten Siak di kota Pekanbaru, Riau. Nama sebenarnya adalah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, namun penduduk lokal dan wisatawan sering menyebut jembatan ini sebagai Jembatan Siak. Jembatan Siak terbilang unik dibanding jembatan-jembatan lainnya karena kehadiran restoran di bagian atas jembatan yang memungkinkan pengunjung menikmati makanan sambil menyaksikan keindahan kota Pekanbaru.

Jembatan Siak
Jembatan Siak

4. Jembatan Ampera
Meski hanya menempati urutan ke-4 dalam daftar jembatan terpanjang di Indonesia, Jembatan Ampera tak kalah populer dari jembatan-jembatan di atas. Jembatan kebanggaan kota Palembang ini berdiri kokoh di menyeberangi Sungai Musi, sungai terbesar di Indonesia. Di malam hari, Jembatan Ampera dihiasi oleh lampu-lampu cantik yang mempertegas bentuk jembatan. Panjang total Jembatan Ampera adalah 1.117 meter.

5. Jembatan Barito
Dari wilayah Sumatera dan Jawa, kita beralih ke Pulau Kalimantan. Di Pulau ini, tepatnya di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terdapat jembatan populer bernama Jembatan Barito. Jembatan Barito menyeberangi Sungai Barito untuk menghubungkan tepi bagian barat dan bagian timurnya. Terdiri atas jembatan utama dan jembatan pendekat, Jembatan Barito memiliki panjang total 1.082 meter.

6. Jembatan Mahakam Ulu
Jembatan Mahakam Ulu, sering disingkat sebagai Jembatan Mahulu, juga berada di Pulau Kalimantan. Jembatan sepanjang 789 meter ini dibangun di atas sungai Mahakam untuk menghubungkan pusat Samarinda dan Samarinda Seberang. Di malam hari, jembatan yang selesai diresmikan pada tahun 2009 ini memancarkan warna kuning terang yang cantik dari lampu-lampu yang dipasang di sepanjang jembatan.

Jembatan Mahakam Ulu
Jembatan Mahakam Ulu

7. Jembatan Rumpiang
Jembatan Barito bukanlah satu-satunya jembatan panjang yang melintasi Sungai Barito. Di atas Sungai Barito, membentang pula Jembatan Rumpiang yang menghubungkan kota Marahaban dan Banjarmasin. Kehadiran Jembatan Rumpiang amat mempermudah akses lalu lintas dari Marahaban ke Banjarmasin dan sebaliknya. Sebelum diresmikannya Jembatan Rumpiang pada tahun 2008, kapal feri menjadi satu-satunya alat transportasi yang menghubungkan kedua wilayah tersebut. Jembatan Rumpiang memiliki panjang total 753 meter.

8. Jembatan Kutai Kartanegara
Karena melintasi Sungai Mahakam, Jembatan Kutai Kartanegara sering disebut sebagai Jembatan Mahakam II. Jembatan Kutai Kartanegara memiliki desain yang mirip dengan salah satu jembatan terpopuler di Amerika Serikat, Jembatan Golden Gate. Secara keseluruhan, panjang Jembatan Kutai Kartanegara mencapai 710 meter. Jembatan ini beroperasi sejak tahun 2001, namun pernah runtuh hingga menelan korban jiwa pada tanggal 26 Desember 2011.

Jembatan Kutai Kartanegara
Jembatan Kutai Kartanegara

9. Jembatan Barelang
Singkatan atau gabungan nama dari beberapa tempat berbeda menjadi tren nama populer bagi jembatan di Indonesia, tak terkecuali Jembatan Barelang. Barelang merupakan singkatan dari BAtam, REmpang, dan GaLANG, tiga dari enam pulau yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Nama resmi dari jembatan sepanjang 642 meter ini adalah Jembatan Tengku Fisabilillah.

10. Jembatan Kahayan
Kalimantan yang dikenal dengan julukan “Pulau Seribu Sungai” memiliki banyak jembatan panjang untuk menghubungkan daratan-daratan yang terpisah oleh sungai. Jembatan Kahayan tercatat sebagai salah satu jembatan terpanjang di Kalimantan dengan panjang total 640 meter. Nama Jembatan Kahayan berasal dari Sungai Kahayan yang mengalir di bawahnya. Jembatan ini menghubungkan kota Palangkaraya dengan kabupaten Barito Selatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s